Senin, 16 Januari 2012

Aneka Masakan dari Daging Kelinci



Dendeng kelinci
Bahan :
1.
1 kg daging kelinci disayat tipis
2. 20 gr bawang putih
3. 20 gr ketumbar
4. Asem secukupnya
5. 60 gr gula jawa
6. Garam secukupnyaCara membuat :

Semua bumbu terlebih dulu digiling halus. Kemudian dilumurkan atau dicampur dengan daging yang telah disayat tipis. Setelah itu, diamkan selama satu malam. Esoknya daging digantung dan dijemur di bawah sinar matahari sampai berwarna kecoklatan. Setelah itu dendeng siap digoreng.
 
Bakso kelinci
Bahan :
1. 250 gr daging kelinci segar
2.
75 gr es batu
3. 8 gr garam dapur
4. Penyedap rasa secukupnya
5. 0,5 gr mrica
6. 25 gr tepung tapioka
7. 0,75 gr STP (sodium tripoly pospat).Cara membuat :
Buang lemak dan jaringan ikat (urat) yang menempel pada daging kelinci, kemudian tambahkan garam dan es yang telah dihaluskan selama satu menis. Masukkan tepung tapioka, mrica ke dalam adonan daging, kemudian putar selama satu menit. Adonan yang telah lengket didiamkan selama 30 menit sampai 1 jam (kalau bisa simpan di lemari es) Rebus air dalam panci sampai mendidih, setelah itu kecilkan api atau matikan. Siapkan adonan dan bentuk menjadi bulatan sesuai selera, masukkan ke dalam panci yang berisi air panas. Bulatan bakso akan mengembang dan berubah warna menjadi coklat keabuan, kemudian rebus lagi selama 10-15 menit. Tiriskan dan bakso siap untuk dimakan atau diolah menjadi berbagai jenis menu makanan atau disimpan.

Nugget kelinci
Bahan :
1. 1 kg daging kelinci
2. 35 gr susu krim
3. 20 gr bawang putih
4. 10 gr lada
5. 15 gr gula
6. 1 gr MSG (monosodium glutamate)
7. 25 gr meizena
8. 1 kg minyak goreng
9. 75 gr es batu
10. Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat :
Daging digiling hingga halus, kemudian campurkan dengan 25 gr meizena, 35 gr susu krim, 75 gr es batu, 20 gr bawang putih, 10 gr lada dan 1 gr MSG. Adonan dicetak dalam lembaran plastik dan dimasukkan ke dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu adonan dipotong-potong dan dicelupkan dalam perekat tepung yang terbuat dari campuran 80 gr meizena, 2 gr bawang putih, 1 gr lada, 1 gr garam, dan 300 ml air. Setelah itu nugget dilumuri dengan tepung roti dan dilakukan penggorengan awal (digoreng setengah matang). Kemas nugget dalam vakum dan simpan pada suhu rendah. Jika akan dimakan nuget digoreng selama empat menit. 
 
SATE KELINCI
Bahan                         
Daging Kelinci

Bumbu                       
Bawang Putih, Bawang Merah, Ketumar, Jinten, Terasi, Cabai,   Merah, Kemiri, Laos, Garam, Asam, Gula
Cara Membuat                       
Daging diiris-iris menurut selera. Siapkan Bumbu cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, jinten, kunyit, kemiri, laos, terasi, asam, garam dan gula ditumbuk menjadi satu hingga halus. Daging campurkan dengan bumbu dan tusuk dengan bambu yang telah diraut lalu dibakar.
GULAI KELINCI
Bahan                         
Daging  kelinci, santan

Bumbu                                   
Ketumbar , mrica,laos, gula aren, jinten, daun sereh, parutan kelapa, kunyit, bawang merah, cengkih, jeruk purut, garam, salam, dan mentega

Cara membuat            
Daging  kelinci dipotong-potong menurut selera. kemudian siapkan  Bumbu seperti kelapa parut disangre sebentar sampai kecoklatan. bawang merah, kunyit ketumbar, jinten, mrica, pala  diulek halus lalu ditumis setelah harum masukkan   bumbu lainnya. . Bumbu ditumis dengan mentega, lalu masukkan daging dan ditutup sampai keluar airnya. Kemudian tambahkan air dan direbus sampai lunak. Masukkan gilingan kelapa dengan santan, rebus sebentar dan angkat.
KELINCI GORENG
Bahan
Daging kelinci

Bumbu
Ketumbar, laos, bawang putih, garam

Cara membuat
Daging dipotong-potong, haluskan bumbu, campurkan kedaging, biarkan meresap dan goreng
 
SOP KELINCI
Bahan
Daging kelinci, wortel, kubis, kentang, su’um, buncis, kapri, seledri

Bumbu
Bawang merah, mrica, garam

Cara membuat
Daging dipotong-potong, direbus sampai lunak dan diiris kecil-kecil. Bawang merah diiris dan digoreng. Su’un direndam dalam air, kubis, wortel buncis, kapri dirajang. Bumbu bawang merah, mrica, pala dan garam diuleg kemudian dimasak
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar